oleh

2 Cara Agar Artikel Website WordPress Tidak Dapat di Copy Paste

CILACAP.INFO – Membuat konten parafrase, mengutip lebih unique daripada copy paste full. Mungkin artikel lolos di Small SEO Tools dan UNIQUE, namun bisa tidak lolos di Copyscape. Maka dari itu CopyScape inilah tools ampuh daripada lainnya. Bahkan google dapat memperhitungkan konten anda dan menilainya agar dapat memasukannya ke Google News.

Ada beberapa faktor mengapa website atau blog menggunakan anti copy paste, pasalnya selain dianggap duplicate bisa dicurigai google dan bahkan bisa sama sama deindex. Tak hanya itu, terkadang konten yang di copy paste hilang dan yang copas justru muncul di pencarian. Mangkel memang, maka dari itu saya menyadari bahwa alangkah baiknya jika copy paste utuh maka memberikan link juice atau external link, sehingga akan saling menguntungkan.

Banyak tool untuk cek plagiarisme, namun ada yang tidak akurat. Pasalnya copy paste utuh justru dianggap unique, hal tersebut jelas konyol dan bagaimana bisa terjadi demikian. Sedangkan google mempunyai berbagai algoritma yang salah satunya adalah bisa mendeteksi adanya plagiat konten.

Baca Juga :   Tips Trik Menurunkan Bounce Rate pada Alexa Rank

Untuk itu, biasanya ada yang mengatasi hal tersebut baik dengan javascript atau jika di wordpress menggunakan plugin anti Copas.

Beberapa plugins anti copas di wordpress cukup banyak, anda tinggal mencarinya dengan mengetikan “no right click“. Maka akan muncul plugins, antaranya :

1. WP Content Copy Protection & No Right Click dari wp-buy : Plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengguna.

2. No Right Click Images Plugin by Keith P. Graham : Plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu pengguna. Namun khusus agar gambar tidak bisa diambil.

Baca Juga :   Blogger Kerap Jadi Rujukan Dalam Membangun Portal Berbasis WordPress

3. WP Content Copy Protection Oleh Tyche Softwares : Plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 30 ribu pengguna.

4. WP-Copyright-Protection Oleh dave.ligthart : Plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna.

5. WP Copy Content Protection By Blogger PNG : Penggunanya 300+. Yang ini kerap saya gunakan meski penggunanya sedikit soalnya mudah, tinggal pilih no copas atau copas dengan link.

Cara Anti Copas Manual tanpa Plugin

Cara terakhir anti copas tanpa plugin atau manual bisa anda coba, namun anda harus menyisipkannya ke tema anda. Pasalnya menggunakan Javascript. Saya sarankan jika tema anda kerap update untuk gunakan plugin head and footer, sebab takut anda update, kodenya hilang.

Baca Juga :   5 Cara Menghasilkan Uang di Internet Melalui Website

Jika anda tetap ingin memasukan atau menyisipkan script copy paste anda bisa klik editor tema atau bisa via cpanel dan file manager.

Pilih tema yang anda gunakan, dan anda bisa cari single.php atau content-single.php. Setelah itu anda bisa masukan script berikut:

<script type=”text/JavaScript”>// <![CDATA[
function killCopy(e){ return false; } function reEnable(){ return true; } document.onselectstart=new Function (“return false”); if (window.sidebar){ document.onmousedown=killCopy; document.onclick=reEnable; }
// ]]></script>

Setelah itu jangan lupa save, dan jika menggunakan cache silahkan di cleared cache nya terlebih dahulu. Dan jika anda menggunakan Plugins Head Footer Injections, maka anda lebih mudah lagi. Pasalnya tinggal install dan masuk ke pengaturan head footer lalu sisipkan pada kolom body tanpa harus edit tema.